Selasa, 10 Juli 2012

Perintah Bersikap Baik Pada Wanita


Perintah Bersikap Baik Pada Wanita


Dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah Saw. bersabda, "Barang siapa beriman Kepada Allah Swt. dan Hari Akhir, hendaklah ia tidak mengganggu tetangganya. Jagalah pesanku tentang kaum perempuan agar mereka diperlakukan dengan baik. Sebab, mereka diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. Oleh karena itu, jagalah pesanku tentang kaum perempuan agar mereka diperlakukan dengan baik." (H.R. Bukhari dan Muslim)

Kita melihat hadits ini menyoroti kelemahan ilmiah perempuan. Dalam dirinya ada kebengkokan naluriah yang tidak bisa diluruskan oleh siapapun. Namun demikian, tuntunan kebijaksanaan Allah Swt., sebagaimana -termasuk kebijaksanaan-Nya- Dia menjadikan laki-laki memiliki kemampuan untuk memelihara hal ini dengan membawanya pada pergaulan yang baik.

Imam Al Ghazali -sebagaimana di kutip dalam Al Lu'lu wa Al Marjan karya Muhammad Fu'Ad 'Abdul Baqi, H.194- berkata, "salah satu kewajiban suami terhadap istri adalah memperlakukan dengan baik. Perlakuan baik kepadanya bukan hanya tidak menyakitinya, melainkan juga bersabar atas prilaku buruk, kelambanan dan kemarahannya untuk meneladani Rasulullah Saw. Ketahuilah bahwa istri beliau yang mengejek beliau dengan mengulang perkataan dan ada pula yang tidak memedulikan beliau hingga malam. Lebih dari itu, laki-laki dapat lebih bersabar atas perilaku istri dengan humor yang bisa menyenangkan hatinya."[]






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar