Kamis, 10 Mei 2012

IMAN KEPADA KITABULLAH

       Diturunkanya kitab-kitab kepada umat manusia adalah salah satu bukti bimbingan dan kasih sayang Allah kepada hamba-hamba-Nya. Allah sebagai Rabb alam semesta dan Dzat Yang Maha Penyayang tidak mungkin membiarkan umat manusia kebingungan dalam hidupnya. Oleh sebab itu Allah menurunkan kitab-kitab dan mengutus para rasul untuk membimbing mereka.

[1] Salah Satu Rukun Iman

      Iman kepada kitabullah adalah salah satu rukun Iman. suatu ketika, malaikat Jibril datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam bentuk seorang lelaki yang bajunya sangat putih dan rambutnya sangat hitam. Lelaki itu bertanya kepada Nabi tentang Islam. Rasullullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun menjawab, "Yaitu kamu beriman kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari akhir, dan kamu beriman kepada takdir baik maupun yang buruk." (HR. Muslim dari 'Umar bin Khaththab radhiyallahu 'anhu)

     Allah Ta'ala berfirman ,

4:136
yang artinya,:
Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.
   
      Allah a'ala berfirman, 
2:285
yang artinya,:
Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali".
 
[2] Makna Iman Kepada Kitabullah
 
      Iman kepada Kitabullah artinya adalah kita membenarkan dengan pasti bahwa Allah Ta'ala telah menurunkan kitab-kitab kepada para rasul-Nya sebagai petunjuk bagi hamba-hamba-Nya. Kita meyakini bahwa kitab-kitab itu merupakan ucapan Allah (kalamullah). Mengimani kitab-kitab itusecara umum -yang disebutkan namanya maupun tidak dan secara khusus -yaitu yang disebutkan namanya seperti Al Qur'an- (lihat kitab at-Tauhid li ash-shaff ats-Tsani Al 'Ali)
 
Bersambung Red ( di publikasikan oleh Buletin at-tauhid)  edisi 20 tahun 8 
 
      

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar